Skip to main content

Pentingnya Gurah Mesin Mobil Ada Pertanyaan Syaratnya

Pentingkah Gurah Mesin Mobil? Mengapa

Pentingkah Gurah Mesin Mobil dan Kapan Harus Melakukannya?

Pentingkah Gurah Mesin Mobil dan Kapan Harus Melakukannya?

Kebersihan mesin mobil adalah hal yang wajib diperhatikan setiap pemilik mobil di luar sana. Salah satunya yaitu dengan membersihkan kerak karbon di dalam mesin mobil dengan cara gurah mesin mobil secara mandiri ataupun di bengkel mobil terdekat.

Namun, hal yang sering kali menjadi pertanyaan bagi sebagian besar pemilik mobil di luar sana adalah seberapa pentingkah gurah mesin mobil dan kapan pemilik mobil harus melakukannya. Untuk mengetahuinya, pemilik mobil bisa simak informasi selengkapnya mengenai apa itu gurah mesin mobil hingga efek samping terlalu sering gurah mesin mobil di artikel ini.

Apa Itu Gurah Mesin Mobil?

Gurah mesin atau carbon engine cleaner adalah teknik pembersihan kerak karbon di dalam mesin mobil dengan cara menggunakan zat kimia yang berfungsi untuk membersihkan kerak karbon yang menempel di dalam dinding mesin.

Teknik pembersihan kerak karbon di dalam mesin dengan cara gurah mesin mobil dianggap lebih mudah. Hal ini dikarenakan proses pembersihan mesin mobil tidak perlu harus turun mesin untuk membersihkan sisa karbon di dalam mesin.

Namun, hal yang perlu diperhatikan saat gurah mesin mobil adalah zat kimia yang digunakan. Dalam proses gurah mesin, sebaiknya Anda menggunakan produk zat kimia yang tidak memiliki kadar zat kimia

yang tinggi. Hal itu lantaran carbon cleaner yang memiliki kadar zat asam yang tinggi dapat merusak dan membuat karat di bagian pembakaran pada mesin mobil.

Inilah alasan mengapa Anda tidak boleh secara asal-asalan menggunakan produk carbon cleaner yang saat ini tersedia di pasaran. Carbon cleaner yang berkualitas buruk bisa mengangkat lapisan piston dan membuat bagian pembakaran mudah berkarat dan menyebabkan sisa karbon dapat menempel lebih cepat.

Penyebab Timbulnya Endapan Karbon pada Mesin Mobil

Endapan karbon yang terdapat di dalam mesin mobil sebenarnya adalah kotoran dari hasil pembakaran mesin. Kerak karbon yang menempel di dalam dinding mesin bisa disebabkan karena beberapa hal berikut ini, antara lain:

1. Kualitas Bahan Bakar yang Tidak Baik

Setiap jenis mobil memiliki standar kualitas bahan bakar yang perlu diperhatikan setiap pemilik mobil di luar sana. Penggunaan kualitas bahan bakar yang tidak sesuai spesifikasi mesin bisa menyebabkan banyaknya sisa karbon yang menempel di dalam dinding mesin mobil.

2. Menggunakan Produk Carbon Cleaner yang Berkualitas Buruk

Penyebab endapan karbon di mesin mobil selanjutnya bisa disebabkan karena penggunaan produk carbon cleaner yang berkualitas buruk yang bisa membuat lapisan piston makin tipis dan membuat endapan karbon lebih cepat menempel di dalam dinding mesin.

3. Endapan Debu dan Uap Oli Mesin

Tumpukan kerak karbon di dalam mesin mobil juga bisa disebabkan endapan debu dan uap oli mesin yang masuk ke ruang pembakaran. Banyaknya unsur sulfur dan parasin yang masuk ke ruang pembakaran dapat menyebabkan penumpukan kerak karbon di dalam mesin mobil.

4. Mobil Jarang Melaju Pada Kecepatan Tinggi

Gaya berkendara yang halus dan santai adalah salah satu faktor yang bisa menyebabkan mesin mobil Anda terdapat banyak endapan karbon. Hal ini bisa terjadi karena mobil Anda jarang digunakan pada kecepatan tinggi.

Mesin mobil Anda akan bekerja di bawah suhu optimal dan membuat pembakaran mesin kurang optimal yang bisa menyebabkan timbulnya endapan karbon di dalam mesin mobil. Anda bisa mengeluarkan residu karbon di dalam mesin mobil dengan cara menggeber mobil Anda sampai batas maksimal.

Cara Kerja Gurah Mesin Mobil

Secara sederhana, cara kerja gurah mesin mobil seperti Anda memasukkan cairan khusus pembersih ke dalam saluran air yang mampat. Namun, pada proses gurah mesin mobil, cairan kimia yang Anda masukkan adalah produk carbon cleaner ke dalam saluran oli.

Cairan carbon cleaner yang dimasukkan ke dalam saluran oli nantinya akan membersihkan dan merontokkan endapan karbon yang menempel di dalam dinding mesin. Selanjutnya, mesin mobil akan dikuras sampai semua kotoran keluar namun pengurasan mesin mobil tidak sampai menurunkan mesin mobil.

Biaya Gurah Mesin Mobil di Bengkel

Harga gurah mesin mobil di bengkel sebenarnya tidaklah mahal, lantaran Anda bisa melakukan gurah mesin mobil di bengkel mulai dari Rp200 ribuan. Umumnya, proses gurah mesin mobil tidak membutuhkan waktu yang cukup lama atau hanya sekitar 40 menit saja.

Biaya gurah mesin mobil di bengkel bisa berbeda-beda tergantung reputasi bengkel, jumlah silinder, hingga produk carbon cleaner yang digunakan pemilik mobil.

Untuk produk carbon cleaner, setiap pemilik mobil wajib untuk memilih produk carbon cleaner yang berkualitas baik dengan mempertimbangkan kandungan zat amonia dan zat asam, menyesuaikan dengan spesifikasi mesin, dan memilih produk carbon cleaner yang tidak panas saat masuk ke ruang pembakaran mesin.

Terdapat 2 pilihan jenis carbon cleaner yang tersedia di pasaran, yaitu foam dan water based. Soal harga, carbon cleaner jenis foam lebih mahal dibanding jenis water based karena lebih mudah terbakar.

Carbon cleaner jenis water based seperti air sabun terbuat dari air dan punya keunggulan lebih cepat mengangkat kerak karbon dibanding jenis foam yang harus menunggu lebih lama.

Walaupun kedua jenis karbon cleaner tersebut bisa membersihkan dan merontokkan kerak karbon, namun keduanya tidak bisa 100% membersihkan kerak karbon di mesin mobil Anda karena masih akan menyisakan sisa karbon di bagian ring piston.

Gurah mesin adalah cara termurah dan termudah bagi pemilik mobil untuk membersihkan dan merontokkan kerak karbon yang menempel di dalam dinding mesin mobil.

Semoga bermanfaat

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Artificial Intelligence Dan Contohnya

Karya Nyata Gen Z Dan Program 10 Kota Inovasi Nasional